Hafidz Ary : Umat Islam Lemah Karena Lalai Mengenal Alam Semesta dan Memanfaatkannya

Hafidz Ary Nurhadi kembali tampil sebagai pembicara di kuliah keempat Sekolah Pemikiran Islam (SPI) #IndonesiaTanpaJIL Bandung yang bertajuk “Konsep Manusia” pada hari Selasa (31/03). Pemilik akun Twitter @hafidz_ary yang kerap menghebohkan dunia maya dengan kultwit-kultwit tajamnya ini menyatakan bahwa lemahnya umat Islam hari ini dalam membangun peradaban disebabkan karena lalainya umat Islam dalam mengenal alam semesta dan memanfaatkannya.

“Umat Islam kalah dengan masyarakat Barat yang sudah mampu memanfaatkan alam semesta untuk menaikkan taraf dan kualitas hidupnya,” jelas lulusan Teknik Elektro ITB ini.

Padahal, Hafidz menjelaskan kembali, pemanfaatan alam semesta oleh Barat ini tidak disertai dengan pengenalan Allah SWT sebagai pencipta dan penguasa alam semesta. “Akibatnya, Barat tidak menyadari bahwa pemanfaatan alam semesta yang mereka lakukan itu semestinya adalah untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Umat Islam yang mendasari segala sesuatu dengan konteks ibadah seharusnya lebih unggul dalam hal pemanfaatan alam semesta,” ungkapnya lagi.

Meskipun maju, Barat kehilangan makna ketika memandang alam semesta ini. “Amazing! Ilmuwan-ilmuwan Barat itu hanya bilang amazing saat menemukan sesuatu,” ujar Hafidz saat menjelaskan proses eksplorasi alam semesta oleh ilmuwan Barat yang tidak didasari oleh iman.

“Alam semesta merupakan salah satu dari tujuh pilar kehidupan yang diberikan Allah SWT untuk mendukung dua fungsi penciptaan manusia sebagai makhluk yang beribadah dan menjadi khalifah di dunia,” ujar sang penulis buku #IndonesiaTanpaJIL Punya Cerita ini. Enam pilar kehidupan lainnya, sebagaimana dijelaskan oleh Hafidz, adalah akal, fitrah, syahwat, syariah, kebebasan memilih dan waktu.

Tulisan ini merupakan penugasan untuk mahasiswa Sekolah Pemikiran Islam Indonesia Tanpa JIL chapter Bandung untuk materi 7 Pilar Kehidupan Manusia. Sempat dimuat di kanal berita Islam, Islamedia.co dengan alamat link : http://www.islamedia.co/2015/04/hafidz-ary-umat-islam-lemah-karena.html

Advertisements

2 thoughts on “Hafidz Ary : Umat Islam Lemah Karena Lalai Mengenal Alam Semesta dan Memanfaatkannya

Berikan Komentar Anda

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s